Pages

Ads 468x60px

Rabu, 13 April 2011

PEMUPUKAN BERIMBANG

Ketika kesadaran masyarakat pada kelestarian alam semakin tinggi maka muncul pula keinginan untuk merawat dan memelihara alam dengan lebih baik.Terlepas dari maraknya perkembangan beras organik, di kalangan petani padi juga berkembang kesadaran untuk kembali menerapkan kaidah-kaidah bertani secara organik. Ada kesadaran bahwa kualitas lahan sawah semakin tidak subur, keras dan tidak gembur. Hasil penelitian memang membuktikan kandungan unsur organik lahan sawah di Indonesia cenderung semakin berkurang bahkan banyak yang berada di bawah satu persen. Akibatnya tanah cenderung tidak subur dan tidak mampu memberi pasokan makanan terbaik bagi tanaman. Hal ini disebabkan oleh semangat luar biasa para petani memacu produktifitas lahannya dengan memberikan pupuk kimia secara berlebihan sejak dikenalkannya program Bimas/Inmas beberapa puluh tahun lalu.
Para petani padi sekarang banyak yang kembali mempergunakan pupuk kandang, kompos atau pupuk hayati dalam budidaya tanaman padinya. Mereka sadar bila unsur organik ini tidak segera dimasukkan ke sawah maka dalam jangka panjang sawah mereka akan menjadi semakin tandus dan tidak subur. Para petani banyak yang menerapkan model pemupukan berimbang, atau ada yang menyebut pemupukan terpadu atau semi organik. Artinya, mereka memadukan penggunaan pupuk kimia bersama-sama dengan pupuk organik untuk menghasilkan panen yang lebih baik, sekaligus meningkatkan kualitas lahan sawahnya. Mereka tahu bahwa meninggalkan pupuk kimia sama sekali tidak akan bisa karena tanaman mereka membutuhkan unsur hara yang ada di dalam pupuk kimia. Sementara penggunaan pupuk organik yang memang kaya dengan unsur organik diharapkan mampu mengembalikan kesuburan dan kegemburan lahan sawah.
Petani kita memang cerdas. Kita tinggal mendukung mereka untuk selalu berkreasi dan berkarya dengan baik. Sediakan saja pupuk organik yang berkualitas dan murah, serta pupuk kimia yang juga murah dan sesuai kebutuhan. Beras kita akan melimpah dan sawah-sawah akan kembali subur.

0 komentar:

Posting Komentar

Katagori

About Me

Foto Saya
TEAM WORK
1. Yuyus Yusmana,S.PKP 2. Karnadi S,AMd 3. Cucu Hendrik,A.Md 4. Hamdan,SP 5. Randhani,SP 6. Dalim Jm. 7. Encum Nurhidayat
Lihat profil lengkapku